Kita sebagai anak-anak Tuhan diselamatkan oleh Injil yaitu oleh karya Kristus di kayu salib. Kita dibenarkan oleh Injil yaitu melalui iman kita kepada pekerjaan Kristus di kayu salib. Dan bukan hanya itu saja, kita hidup oleh Injil. Hidup kita sebagai anak-anak Tuhan adalah hidup di dalam kasih karunia dan pengampunan dari Tuhan Allah melalui AnakNya Tuhan Yesus Kristus. Hidup kita sebagai anak-anak Tuhan adalah hidup terus menerus bergantung kepada Injil Tuhan Yesus Kristus.   

Ketika kita sudah percaya Tuhan, hal ini bukan berarti kita sudah tidak dapat berbuat dosa lagi. Kita sudah dilepaskan dari kuasa dosa yang membinasakan kita tetapi ada peperangan rohani terus menerus di dalam diri kita yang hendak menarik kita kembali kepada kebiasaan dosa. Pada natur baru kita sebagai manusia baru kita menyukai kebenaran dan hukum Allah. Tetapi kedagingan kita hendak menarik kita untuk berbuat dosa. Bukan saja kedagingan kita menarik kita tetapi Iblis juga menggoda dan mencobai anak-anak Tuhan supaya berdosa. Kemudian ketika kita dalam kelemahan kita jatuh dalam dosa maka iblis berubah peran menjadi penuduh. Iblis menuduh bahwa kita sudah berdosa dan tidak layak dihadapan Tuhan.

 

Perasaan ketidaklayakan yang dikerjakan oleh iblis berbeda dengan perasaan ketidaklayakan yang merupakan pekerjaan Roh Kudus. Roh Kudus membawa orang sedih akan dosa dan kembali kepada pertobatan. Tetapi iblis hendak membuat orang percaya yang jatuh dalam dosa untuk terus menerus menyesali dosa dan berfokus kepada masalah dan dosa kita. Pekerjaan Roh Kudus adalah menghidupkan dan pekerjaan iblis mematikan rohani kita. Iblis hendak kembali menipu bahwa Allah tidak baik dan tidak menerima kita. Kita sudah jauh dari Tuhan. Kita tidak layak untuk menjadi anak Tuhan, untuk melayani Tuhan dan menjadi berkat buat sesama. Sungguh ini adalah satu pembunuhan rohani oleh iblis kepada anak-anak Tuhan yang jatuh dalam dosa.   

Tetapi bersyukur kepada Tuhan. Tuhan kita adalah sumber kehidupan. Dia ingin memulihkan hidup kita. Dan memang itulah tujuan Tuhan Yesus datang kedunia ini. Untuk memberikan hidup, hidup yang berkelimpahan bahkan hidup yang kekal. Injil Tuhan Yesus menyelamatkan kita dan mengampuni dosa masa lalu kita. Injil Tuhan Yesus juga menyelamatkan dan mengampuni dosa kita masa sekarang. Dan Injil Tuhan Yesus menyelamatkan dan mengampuni dosa kita masa depan. Karena itu kita harus tetap terus berpegang pada Injil dan panggilan Allah di dalam diri kita.

Ketika kita jatuh dalam dosa, kita jangan patah semangat. Karena Allah bekerja tidak setengah-setengah. Allah bukan manusia. Karya keselamatanNya yang digenapi dalam Yesus Kristus akan efektif terlaksana. Dia yang memulai pekerjaan yang baik dalam dirimu akan meneruskannya. Ketika dosa bertambah sebenarnya kasih karunia Tuhan lebih melimpah dari itu. Anugerah Tuhan mengalahkan dosa manusia. Kita bisa melihat anugerah Tuhan dari hidup anak-anak Tuhan di dalam Alkitab.
Di dalam Ibrani 11 disebutkan ada saksi-saksi iman. Sebenarnya mereka bukan orang yang sempurna. Mereka adalah orang berdosa dan lemah. Bahkan ada ayat di dalam Ibrani 11 yang mengatakan bahwa mereka beroleh kekuatan dalam kelemahan. Mereka semua adalah orang-orang yang berdosa dan lemah. Pendekar iman yang sesungguhnya hanya satu yaitu Tuhan Yesus Kristus. 

Kalau kita melihat hidup Abraham, dia pernah jatuh dalam berbohong 2x. Yakub banyak masalah hidup dan keluarganya. Musa pernah berdosa sehingga tidak masuk tanah kanaan. Samson jatuh dalam dosa seksual. Kita melihat Daud jatuh dalam dosa perzinahan dan pembunuhan. Salomo jatuh dalam dosa penyembahan berhala. Kalau kita membaca silsilah Tuhan Yesus di dalam kitab Injil Matius 1 disana kita melihat bahwa nenek moyang Tuhan Yesus bukan orang-orang yang sempurna. Tamar dan Rahab adalah perempuan yang bukan sempurna. Manasye bukan raja yang baik. Tetapi orang-orang yang penuh kelemahan ini dipakai menjadi nenek moyang Tuhan Yesus.  Semua ini adalah cerita anugerah Tuhan.

Ketika kita kembali merenungkan cerita Tuhan di dalam Alkitab kita menyaksikan cerita anugerah Tuhan. Anugerah Tuhan menang atas dosa manusia. Dan semua kemenangan ini karena karya Kristus di kayu salib. Kesempurnaan dan ketaatanNya yang total kepada kehendak Bapa menjadi kebenaran bagi kita yang percaya kepadaNya. Dosa kita ditimpakan kepada Yesus Kristus dikayu salib dan kebenaranNya diberikan kepada kita yang percaya. Ini adalah anugerah Tuhan yang melimpah. Karena itu bila kita bergumul dengan dosa dan kelemahan kita, jangan patah semangat ! Sebab di dalam Injil ada kekuatan Allah yang menyelamatkan orang yang percaya. Di dalam Injil ada kuasa kebangkitan yang bisa membangkitkan rohani kita yang mati. Di dalam Injil ada pengampunan, kasih dan penerimaan yang membuat kita berdamai dengan Allah. Di dalam Injil ada pengudusan terus menerus oleh karya Roh TUhan untuk membuat kita serupa dengan Yesus Kristus. Di dalam Injil ada kuasa yang membuat kita boleh bebas dari dosa dan kembali mengasihi Tuhan dan sesama.

Dosa kita membuat kita malang. Dosa kita memperbudak kita. Dosa kita membuat kita berfokus pada diri kita sendiri. Dosa kita membuat kita tidak memuliakan Allah. Dosa kita membuat kita menyembah berhala. Dosa kita membuat kita tidak bahagia. Tetapi Injil Tuhan Yesus Kristus membebaskan kita dari semua ini. Karena itu kalau anda sebagai orang percaya bergumul dengan dosa, jangan patah semangat ! Injil yang menyelamatkan kita dimasa lalu juga akan menyelamatkan kita di masa sekarang dan untuk selama-lamanya. Jangan tertipu pada tuduhan iblis dan tipu muslihatnya yang mengatakan bahwa Allah sudah melupakan engkau. Tetapi marilah dengan iman percaya bahwa Allah setia dan adil. Jika kita mengaku dosa, Dia setia dan adil dan akan mengampuni dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan ( 1 Yoh 1:9). Jika kita berdosa, kita punya pengantara yaitu Yesus Kristus yang menjadi pendamaian bagi dosa kita.

Karena itu hai orang yang dikasihi Allah dan yang percaya Tuhan, marilah fokus pada Injil Tuhan dan fokus pada panggilan Tuhan. Marilah melihat kuasa Tuhan kita jauh lebih besar daripada dosa dan masalah kita. Marilah kita terus melayaniNya dan terus memberitakan kabar sukacita. Yesus Kristus Anak Allah datang dari surga ke dunia ini untuk menyelamatkan manusia berdosa yang percaya kepadaNya.

Jangan patah semangat ! Mari bangkit buat Tuhan

Jeffrey Lim
24-10-2013

We have 24 guests and no members online